Senin, 20 Desember 2010

Journey to the West Java


Jum'at sore, saya memulai perjalanan saya ke Bandung , sesuai keputusan pribadi No. 33 Tahun 2010, saya menggunakan KA kelas Bisnis menuju Bandung. Kereta di jadwalkan berangkat jam 4 sore. Namun karena ini Indonesia, maka. . .(pasti tahulah kelanjutannya) dan baru berangkat dari stasiun semut jam 16.30. Apesnya, gerbong yang saya naiki jadi sasaran olahraga lempar batu para bonek saat mau masuk stasiun Wonokromo. Buuusyet, jendela gerbong yang berjarak 2 meter dari tempat duduk saya pecah kebobol batu segede bola kasti. Belum selesai sampai disitu, waktu berhenti di stasiun Wonokromo, beberapa bonek sempat malak saya, meminta air minum mineral 1,5 liter yang berdiri tegak bersama beberapa cemilan yang aku tidurkan di depan saya. "Mas, endi! njaluk jajan mbe' ngumbine!(Mas, Mana!! Minta minum sama cemilannya!)" wew, agak kaget juga sih, tapi akhirnya saya cuma bilang "Wah, kari iki to' e mas, lha aku mangan lan ngumbih opo?(Wah, tinggal ini doank e mas, terus saya nanti makan n minum apa?)" Dan Akhirnya mereka cari korban lain (G nyangka cuma segampang itu nolaknya). Moga ini bukan petanda buruk buat perjalanan saya yang baru mulai

Di tengah perjalanan, gerbong saya mulai ramai, dan ada 2 orang yang duduk bersama saya waktu itu. Yah, seperti para lelaki pada umumnya, Kami ngobrol-ngobrol dari tentang pekerjaan kami masing masing, sampai ngobrol tentang berita- berita terkini. Sampai jawa tengah, 2 orang tersebut pamit pada saya karena kereta sudah sampai kota tujuan mereka. Sayapun duduk sendirian lagi. Dari pada bengong, akhirnya saya mengeluarkan kartu poker saya dan berlatih sulap. Eh ternyata, di stasiun selanjutnya, udah ada 1 orang yang duduk di tempat saya lagi. Melihat saya memainkan kartu, dia tanya sama saya apa saya bisa sulap? Dengan wajah semeringah, Sayapun mulai memainkan permainan sulap saya . Walau ekspresinya jauh dari yang saya harapkan, tapi orang tersebut cukup bingung sama permainan sulap saya. hehe . Karena jam di HPnya udah menunjukkan pukul 10 malam, dia pamit tidur duluan. Karena saya rasa, saya juga udah agak ngantuk, akhirnya saya ambil posisi tidur juga, walaupun tidur agak g nyaman, tapi lumayanlah ada selimut n bantal yang saya dapet dari petugas KA nya .

Bangun dari mimpi, lihat jam di HP, ternyata HP saya mati (Mak jan, terus ntar cara menghubungi Pak De saya gimana???). Orang di sebelah saya juga sudah g ada. Makin bingung d mau minta tolong siapa. Tak apalah, itu urusan belakang. Daripada bingung, mending lihat pemandangan pegunungan pagi aja. Kebetulan emang keretanya lagi melewati pegunungan dan matahari juga baru nongol dari belahan bumi yang lain. Subhanallah, pemandangannya luar biasa. Namun saat lagi enak-enaknya lihat pemandangan, seorang petugas meminta bantal dan selimut yang masih menghangatkan badan saya. Tapi yang bikin saya kaget, ternyata selimut dan bantal tadi bukan fasilitas, alias bayar . Maklum, terakhir saya naik kereta bisnis waktu saya masih kelas 1 SD, jadi maklumlah kalo g tahu . Harganya sih emang g seberapa, cuma karena uang di dompet saya masih warna merah delima sama biru laut, saya berhasil membuat petugasnya kebingungan nyari kembalian(Maaf Pak y) Dari sini saya memetik pelajaran, sebelum menerima fasilitas d KA, jangan lupa tanya "ini gratiskan?" .

Karena saya lihat penjual-penjual jajanan di kereta logatnya udah mulai memakai logat Sunda, saya tanya sama petugas KA yang kebetulan lewat. Ternyata stasiun Bandung yang saya tuju udah deket, tinggal beberapa stasiun lagi udah sampe sana. Baru deh saya bingung cara menghubungi Pak De saya. hehehe. . Setelah melihat-lihat situasi dan kondisi medan, saya menemukan orang yang memungkinkan untuk dipinjam HPnya. Seorang pemuda berusia sekitar 25 tahunan yang duduk di seberang kiri tempat duduk saya. Dengan wajah memelas tapi tetap stay cool, saya minta bantuannya dan diapun membantu saya. . Sebagai balasannya, saya menghibur orang itu dengan beberapa permainan sulap saya.

Sampai stasiun Bandung, Pak De saya sudah nunggu di Peron. Selesai salim dan ngobrol sebentar, Kami langsung berangkat ke rumah Pak De by kereta lokal. Beuh, emang maknyos nih Bandung, Jam 11 Siang walau matahari terik hawanya tetep adem cuy.. Dari stasiun sampai rumah Pak De, kami harus berjalan kira-kira sejauh 1 KM. Badan rasanya udah mulai capek, tas yang saya bawa juga rasanya tambah berat. Sampai rumah, langsung deh saya daratkan badan saya di kasur empuk yang sudah disiapkan sama Bu De saya(setelah salim tentunya).

Akhirnya saya sampai di Kota Bandung, Kota dimana kenangan masa kecilku bersama almarhumah Bapak bersemayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar