Sabtu, 30 April 2011

Membuat Passport di Surabaya

Sore-sore lagi bersiul dengan damainya di teras rumah . Saya dapet SMS dari ko Andreas salah satu nominated candidate dari Medan. Dia bilang pengumuman finalnya udah keluar dan alhamdulillah dia keterima. Sayapun g kalah heboh dengan reaksi saya yang dulu, saya segera ambil kunci sepeda dan berangkat ke warnet terdekat untuk ngecheck email .

Alhamdulillah, saya juga keterima. Dan email itu juga mengatakan kalau saya harus mengirim copy passport saya dengan deadline 29 April 2011. Karena saya belum punya Passport, terpaksa saya harus buat satu. Langsung saya googling ditempat mencari informasi tentang pembuatan Passport di Surabaya. Salah satu web yang menurut saya sedikit membantu yaitu ini .

Besoknya, saya berangkat, Lumayan jauh juga sih, ternyata kantor imigrasinya g di dalam kota surabaya, tapi di deket perbatasan sidoarjo dan surabayanya (Waru). Kalau kalian belum pernah mengurus passport sebelumnya, maka hal yang harus kalian lakukan pertama kali adalah berjalan menuju samping bangunan utama(Jangan masuk ke bangunan utamanya). Di sebelah kiri nanti ada pos informasi, tanya aja ke mereka kalo kamu mau bikin passport untuk yang pertama kalinya(saya juga begitu soalnya. ). Lalu dengan wajah flat petugasnya memberi formulir dan diminta untuk beli map di koperasi yang ada di belakang. Setelah bahan yang diperlukan ada semua, saya kumpulkan semuanya di loket, dan dapet no antrian. waktu itu kalau g salah dapet no urut 120an, dan antriannya masih sampe 50. wew, lama juga emang, tapi karena ruangnya ber AC n banyak cewek cakep berseliweran(ooooops), jadi betah dah.

Tapi hati tiba-tiba jengkel g karuan, gara² pegawainya istirahat makan siang waktu nomer antriannya selisih 2/3 nomer dari nomer urut saya . Jadinya nunggu setengah jam lebih lama deh. Tapi gapapalah, jadi ada kesempatan buat shalat juga. Setelah no urut saya dipanggil, dokumen saya dikonfirmasi sama pegawainya. Mereka bilang dokumen saya bakal diperiksa, jadi mungkin baru besok bisa diproses lagi. OK, sayapun pulang dengan membawa tanda bukti.

Besoknya lagi saya datang agak telat karena banyak urusan, alhasil sempat terjebak macet dan panas . Sampai di TKP, saya ngumpulin berkas dan sekalian ngambil antrian. Untuk yang satu ini, prosesnya agak cepet dari yang kemarin, tapi lebih ribet juga. Setelah bayar uang sebesar 255000 rupiah, saya harus menunggu untuk masuk ruang foto dan wawancara yang lumayan luas, proses ini juga cepet, soalnya manggilnya lima lima. Eh, setelah masuk ruangan dan foto, ketemu CCIPers lain yang dari Surabaya, namanya Hestin, dia asli Kupang. Awalnya sih kita berdua sempet g tahu gitu, tapi kok ngerasa muka nya g asing. Hestinlah yang akhirnya pertama kali memberanikan diri menyapa saya. Dan kita ngobrol. Ternyata dia daftar via internet, tapi dia bilang bakalan susah kalau lewat situ, Bakal out of time terus(karena Bandwithnya kurang gede), dia aja merasa beruntung bisa selesai daftar via internet. Lagi asik asik ngobrol, Dia dipanggil duluan untuk interview(bengong lagi dah jadinya). Tapi setelah agak lama nunggu, akhirnya saya juga dipanggil. Pertanyaannya sih biasa aja, g terlalu susah dan menurut saya sih g terlalu penting juga. Selesai interview, Saya dikasih tahu kalau passport udah bisa di ambil 3 hari lagi. Setelah dapet tanda bukti dan keluar dari ruang interview, Hestinnya udah g ada. Yaudah d, akhirnya saya juga pulang ke rumah saya nan jauh di gresik.

3 Hari saya menunggu, akhirnya datang juga waktunya untuk saya mengambil passport yang sudah jadi. Kali ini saya berangkat pagi pagi dari Gresik, soalnya sorenya ada acara. Tapi g saya duga, ternyata sampai sana jam 7, antriannya udah panjang, padahal loketnya belum ada yang buka. Setelah 3 jam menunggu , sekitar jam 10 akhirnya saya selesai mengambil Passport saya yang sudah jadi dan terbayar sudah rasa lelah yang saya rasakan selama PP gresik-waru 3x .

2 komentar:

  1. halo,salam kenal saya alhamdulillah dapat email nomination untuk 2013, pertanyaan saya apa setelah jadi nomination masih ada kemungkinan tidak berangkat? biasanya karena apa? terima kasih

    BalasHapus
  2. Haloww.bolehkah saya minta link untuk mendaftar nya?

    BalasHapus